Berbagai Manfaat Dari Hobi Bermain Gitar

Pernahkah Anda berpikir untuk menjadi gitaris handal? Atau setidaknya Anda bisa bermain gitar? Ternyata dengan mempraktekkan hobi bermain gitar, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat terutama manfaat kesehatan.

Mengutip beberapa sumber, secara ilmiah terbukti bahwa bermain gitar ternyata dapat meningkatkan kapasitas, kekuatan otak, dan banyak manfaat kesehatan lainnya. Inilah 7 di antaranya.

1. Membangun kekuatan mental

Sekalipun Anda berjuang untuk belajar bermain gitar, Anda tetap mendapatkan manfaatnya, karena Anda masih memberikan otak Anda untuk berlatih. Menurut sebuah studi dari University of Cambridge, musisi akan terus berkreasi meski tidak memainkan alat musik apapun. Studi ini juga menambahkan bahwa musisi dapat memvisualisasikan musik dalam pikiran mereka dan kemudian menerapkannya ke dalam tindakan.

2. Menghilangkan Stres

Diyakini bahwa bermain gitar dapat menghilangkan stres. Dua penelitian dari Center for Mind and Body Health dan Loma Linda University School of Medicine and Applied Biosystems menemukan bahwa stres genomik dapat dikurangi dengan memainkan alat musik. Bermain gitar dengan cara Anda dapat membalikkan respons sistem tubuh Anda terhadap stres yang mengurangi stres.

3. Pereda Nyeri

Jika Anda menderita penyakit kronis seperti sakit kepala atau sakit punggung, dan mengharuskan Anda untuk selalu minum obat, kini Anda bisa menguranginya. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Utah Pain Research Center, mendengarkan musik dan bermain gitar dan instrumen lainnya dapat menghilangkan pikiran tentang penyakit Anda. Kemudian, secara tidak langsung akan mengurangi rasa sakit yang Anda alami.

4. Mempertajam pikiran

Penelitian terbaru dari Skotlandia menyebutkan, jika Anda bermain gitar atau alat musik lainnya, ketajaman fungsi otak akan meningkat seiring pikiran menjadi lebih tajam, membuat otak lebih waspada terhadap penurunan mental di masa depan.

5. Menguatkan hati

Rocker memiliki cara untuk menjaga sistem kardiovaskular. Sebuah penelitian di Belanda terhadap 3 gitaris, banyak di antaranya tidak, menemukan bahwa pasien yang bermain musik selama lebih dari 100 menit per hari menunjukkan tekanan darah dan detak jantung yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak.

6. Kesenangan

Kegembiraan bermain gitar bukan hanya membuat para penggemar berteriak kagum. Tapi lebih jauh tentang cara mudah menyambungkan gitar ke amplifier, kemudian mendengarkan alunan musik yang terpancar dari suara gitar, dan cara menghadirkan kesenangan dari dalam diri Anda. Hampir seperti orgasme. Menurut pakar neuroscience (menjelaskan perilaku manusia dari sudut pandang aktivitas otak) dari McGill University, mendengarkan musik dapat memicu pelepasan hormon dopamin di otak.

7. Menghargai Diri Sendiri

Gitaris sering memiliki waktu untuk merekam demo atau lagu baru sehingga mereka dapat kembali berlatih. Dengan cara ini, Anda akan tumbuh menjadi seseorang yang lebih sering mengoreksi diri sendiri saat melakukan kesalahan. Bukan berarti kamu harus sempurna, hanya saja kamu akan berusaha menjadi lebih baik.

Simak Juga :

chordtela.co.id